Gunadarma University

Sabtu, 12 Maret 2016

Cara Membuat Capo Gitar Sederhana

Adakah di antara pembaca sekalian yang dapat memainkan alat musik? Ini karena pada postingan saya kali ini saya akan membagikan sebuah panduan untuk membuat sebuah alat bantu pada suatu alat musik petik. Apakah Anda bisa menebak apa alat musik yang dimaksud tersebut? Ya, gitar. Bagi Anda yang belum terlalu mahir dalam bermain gitar, Anda terkadang menemukan chord gitar yang cukup tinggi sehingga chord yang dimainkan biasanya cukup sulit untuk pemula.

Capo Gitar Sederhana

Mungkin Anda yang memiliki alat berupa capo gitar, Anda dapat dengan mengakalinya dengan memasangkan capo tersebut pada fretboard gitar yang diinginkan untuk dapat menaikkan nadanya menjadi chord-chord tinggi. Namun bagaimana jika Anda tidak memiliki capo gitar? Jika Anda tidak sedang memiliki sejumlah uang untuk membeli capo gitar, maka Anda dapat mengikuti panduan singkat yang saya bagikan di bawah ini untuk membuat sebuah capo gitar sederhana dari alat-alat yang sering kita temukan di sekitar kita.

Panduan membuat capo gitar sederhana dari pensil dan karet:

1. Sediakan beberapa karet dan sebuah pensil bekas yang sudah berukuran cukup pendek seperti gambar di bawah ini. Ukuran pensil yang cukup pendek dapat memudahkan kita dalam menarik dan mengikat karet.

Pensil dan Karet

2. Letakkan pensil pada fretboard gitar yang diinginkan, lalu ambil sebuah karet untuk mengencangkan tekanan pensil pada fretboard tersebut untuk pertama kali. Cara mengencangkan tekanan pensil tersebut adalah dengan menarik dan memasukkan simpulan karet dari bagian atas pensil ke bagian bawah pensil. Perhatikan gambar.

Tampak Depan Gitar dengan Satu Ikatan Karet

Tampak Belakang Gitar dengan Satu Ikatan Karet

3. Rasakan apakah tekanan pensil sudah cukup kuat untuk menahan keenam senar pada satu fretboard tersebut dengan cara memetik senar gitarnya. Jika masih belum menghasilkan nada yang baik, itu berarti ikatan karet pada pensil masih lemah. Tambahkan karet untuk lebih mengencangkannya seperti pada gambar di bawah ini.

Setelah Ditambahkan Beberapa Ikatan Karet

4. Jika ikatan karet dan pensil sudah cukup kuat, maka akan dihasilkan nada yang baik dan tentunya akan meninggi sesuai dengan posisi Anda memasang capo tersebut. Selamat, capo gitar sederhana sudah selesai dibuat dan Anda dapat melanjutkan permainan gitar Anda.

Capo Gitar Sederhana Telah Selesai Dibuat dan Dapat Digunakan


Begitulah panduan singkat tentang bagaimana cara membuat capo gitar sederhana yang dapat Anda praktekkan dengan mudah. Ingatlah untuk melepas capo gitar seusai bermain gitar untuk menjaga kualitas senar gitar Anda. Terimakasih telah membaca dan sampai bertemu di lain kesempatan!

13 komentar: