Gunadarma University

Jumat, 11 April 2014

Menganalisis Sebuah Karya Sastra Puisi (Revisi)

Salah satu jenis karya sastra ini memang sering kita baca atau bahkan kita membuatnya sendiri. Membahas tentang puisi, mengingatkan saya kembali pada bangku sekolah dahulu. Sebagai siswa, kita pasti pernah mendapat tugas untuk membuat atau membacakan puisi. Sebelum saya menganalisis sebuah karya puisi, izinkan saya untuk menambah pengetahuan kita tentang puisi.

http://cyberdakwah.com/wp-content/uploads/2013/07/menulis-puisi.jpg

Puisi

Pengertian puisi sendiri menurut Rachmad Joko Pradopo yang dimuat dalam bukunya merupakan ekspresi pemikiran terhadap yang dapat membangkitkan perasaan, imajinasi panca indera dalam suasana yang berirama. Puisi dapat menjadi jembatan antara perasaan atau pemikiran yang dimiliki penulis dengan dunia luar melalui kata-kata.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/6c/Rachmat_Djoko_Pradopo_01.jpg

Di bawah ini, ada sebuah karya puisi ciptaan anak bangsa yang berjudulkan "IndonesiaKu Menangis". Saya akan mencoba untuk menganalisis dan menafsirkan pengertian puisi tersebut.

IndonesiaKu Menangis


Wahai bangsaKu..!!
Tidakah engkau tau..,?
IndonesiaKu sedang menangis
Menangis hingga air matanya habis
    
Melihat..,
Pohon-pohon di hutanya
Terbaring terbujur kaku
tak mampu berdiri lagi

Melihat..,
Lautan susunya bercampur kopi
Kopi yang mengandung racun buatan manusia
    
Melihat..,
Sungai-sungainya mengalirkan sampah-sampah manusia
Mendungpun ikut menangis melihatnya
Menangis hingga berlebih air matanya
    
Apakah ini yang engkau mau?!!
Apakah ini yang engkau inginkan?!!
Tidak kan!!!!

Bergeraklah!!
Bersatulah!!
Berusahalah!!
Menghentikan tangisan IndonesiaKu
Indonesia Kita semua

Struktur Puisi

A. Tema
Tema yang diangkat dalam puisi tersebut adalah kebangkitan Indonesia. Penulis puisi ingin menyadarkan kepada para pembaca, rakyat Indonesia, bahwa negara kita sedang dalam kondisi yang buruk akibat ulah tak bertanggung jawab manusianya. Namun, penulis ingin kita untuk bangkit dan menghentikan segala tindakan buruk kita terhadap alam negeri kita tercinta ini.

B. Diksi
Puisi diatas menggunakan bahasa formal dengan beberapa kalimat yang mempunyai arti mendalam. Seperti
"Mendungpun ikut menangis melihatnya
 Menangis hingga berlebih air matanya"
yang berarti hujan yang menyebabkan banjir.

C. Rasa (Feeling)
Dalam puisi "IndonesiaKu Menangis" tergambar bahwa penulis meratapi kondisi buruk yang terjadi di negara ini, namun penulis berusaha bersikap tegar dan ingin menyatukan rakyat Indonesia untuk berhenti merusak negeri ini dan mengajaknya untuk membangun Indonesia yang kita miliki ini menjadi lebih baik.

D. Nada
Setelah dibaca, kita dapat mengetahui bahwa penulis menyampaikan pemikirannya dengan nada semangat untuk membangkitkan rakyat Indonesia untuk berubah dan bersatu demi Indoensia.

E. Amanat
Sang penulis puisi, Yusup Rujiyanto ingin para pembaca, terlebih bangsa Indonesia untuk menyadari bahwa negeri kita ini sedang dalam kondisi buruk akibat ulah sebagian orang-orang tak bertanggung jawab, seperti pembalakan liar, tercemarnya ekosistem laut akibat tumpahnya minyak bumi, dan sampah-sampah yang menggenangi sungai sehingga ketika hujan turun mengakibatkan banjir. Penulis mengajak kita semua untuk bersatu menghentikan semua tindakan buruk ini dan mulai menjaga & merawat tanah air kita, Indonesia.


Demikian analisis sebuah karya sastra puisi yang saya coba tafsirkan dengan pemikiran saya sendiri. Jika terdapat kekurangan mohon dimaafkan dan sekiranya diberi kritik & saran untuk membangun saya menjadi penulis yang lebih baik di kemudian hari. Terima kasih.


sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar