Gunadarma University

Senin, 27 April 2015

Jenis-Jenis Keputusan di Dalam Organisasi

Doumo! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bersama jenis-jenis keputusan di dalam organisasi.

http://fairuzelsaid.com/wp-content/uploads/2014/10/decision.jpg


Jenis-Jenis Keputusan Dalam Organisasi

Keputusan organisasi secara metode

- Metode tradisional

  Pengambilan keputusan dengan metode ini dilakukan secara intuisi dan kebiasaan.

- Metode modern

  Pengambilan keputusan berdasarkan perhitungan matematis dan menggunakan instrumen modern seperti komputer dan perhitungan statistik


Keputusan dikategorikan dengan berapa banyak waktu yang diperlukan oleh wirausahawan untuk membuatnya, bagian organisasi mana yang harus dilibatkan untuk membuat keputusan tersebut, dan fungsi organisasi mana keputusan tersebut difokuskan. Mungkin metode kategorisasi keputusan yang umumnya diterima adalah didasarkan pada bahasa teknologi komputer dan pembagian keputusan menjadi dua tipe dasar; terprogram dan tidak terprogram.

Cara Tradisional dan Modern dalam pengendalian keputusan Terprogram dan Tidak Terprogram

1. Keputusan Terprogram

Menurut Herbert A. Simon, keputusan terprogram adalah keputusan yang sifatnya rutin dan berulang-ulang, dan organisasi biasanya mengembangkan cara tertentu untuk mengendalikannya.

2. Keputusan Tidak Terprogram

Keputusan tidak terprogram adalah keputusan yang biasanya merupakan keputusan yang dikeluarkan sekali, sifatnya tidak secara rutin dan umumnya tidak tersruktur dibanding keputusan yang terprogram.


Menurut pendapat saya pribadi, jenis-jenis keputusan di dalam organisasi cenderung hanya terfokuskan pada pengambilan keputusan berdasarkan banyaknya waktu (secara rutin & tidak secara rutin). Mengapa? Karena sebuah organisasi, misalkan katering, biasanya hanya mengambil keputusan secara rutin & tidak secara rutin. Untuk secara rutin, misalkan wirausahawan katering mengambil keputusan untuk menyajikan menu apa yang dijual kepada pelanggannya yang selalu berbeda setiap harinya. Untuk secara tidak rutin, misalkan wirausahawan katering harus mengambil sebuah keputusan untuk mengganti menu makanannya jika menu makanan tersebut tidak laku.

Sekian penjelasan tentang jenis-jenis keputusan di dalam organisasi. Kurang & lebihnya saya mohon maaf, diharapkan kritik yang dapat membangun saya di postingan berikutnya. Terima kasih!



referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar